Capaian Pembelajaran

NO ASPEK KOMPETENSI CAPAIAN PEMBELAJARAN
1 Sikap
-
  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
  3. Dapat berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
  4. Dapat berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila.
  5. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  6. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  7. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  8. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
2 Pengetahuan
-
  1. Menguasi konsep-konsep yang terkait dengan pengembangan perangkat lunak.
  2. Mampu merancang algoritma dan mengimplementasikannya dalam kode program.
  3. Mampu bekerja sama dalam tim dalam mengembangkan perangkat lunak
  4. Menguasai teori-teori yang terkait dengan basis data.
  5. Mampu merancang basis data sesuai kebutuhan
  6. Menjelaskan tahapan pengembangan perangkat lunak.
  7. Menguasai teori-teori yang terkait dengan pengujian perangkat lunak.
  8. Mampu menerapkan teori-teori dalam pengujian perangkat lunak guna memastikan kualitas perangkat lunak.
  9. Mampu membuat, mengembangkan atau menggunakan tools yang berkaitan dengan pengujian perangkat lunak.
  10. Mampu merancang perangkat lunak berbasis dekstop, web dan mobile.
  11. Menjelaskan prinsip-prinsip dasar dalam pengembangan basis data.
  12. Mengidentifikasi dan merancang basis data sesuai dengan kebutuhan organisasi.
  13. Mengimplementasikan rancangan basis data pada suatu DBMS.
  14. Menjelaskan prinsip-prinsip dasar dari integritas, keamanan dan tingkat kerahasiaan data pada suatu basis data.
  15. Memilih teknik dan perangkat data mining untuk membantu dalam pemecahan masalah.
  16. Menjelaskan arsitektur dasar dari suatu sistem komputer.
  17. Mengidentifikasi kebutuhan sistem operasi dari suatu sistem komputer.
  18. Mengidentifikasi kebutuhan jaringan dari suatu organisasi.
  19. Merancang topologi dari suatu jaringan komputer.
  20. Mengidentifikasi dan menformulasikan kebutuhan keamanan Informatika dari suatu organisasi.
  21. Menguasai berbagai konsep teoritis dan praktis dari bidang ilmu informatika.
  22. Memiliki pengetahuan yang memadai tentang sistem komputer, algoritma dan pemecahan masalah.
  23. Mampu mengembangkan algoritma ataupun metode untuk pemecahan masalah.
  24. Menjelaskan konsep dasar dari pengelolaan proyek IT
  25. Mengidentifikasi dan memformulasikan ruang lingkup proyek IT
  26. Mengidentifikasi dan mendokumentasikan risiko-risiko proyek serta menawarkan alternatif solusinya.
  27. Berfikir kritis, mengidentifikasi akar masalah dan pemecahannya secara komprehensif, serta mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data.
  28. Memimpin dan bekerja dalam tim, mandiri dan bertanggung jawab terhadap pekerjaannya.
  29. Memiliki integritas profesional dan berkomitmen terhadap nilai-nilai etika.
3 Keterampilan Umum
-
  1. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  2. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.
  3. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
4 Keterampilan Khusus
-
  1. Mampu melakukan analisis & desain dengan menggunakan kaidah rekayasa software dan hardware serta algorithma dengan cara menggunakan tools dan dapat menunjukkan hasil dan kondisi yang maksimal untuk aplikasi bisnis.
  2. Memiliki kemampuan untuk menjadi tenaga profesional untuk pengolahan basis data, rekayasa perangkat lunak, jaringan komputer, dan aplikasi multimedia serta memiliki kemampuan menulis laporan penelitian dengan baik serta mengelola proyek Informatika, mempresentasikan karya tersebut.
  3. Mampu secara inovatif dan kreatif memanfaatkan pengetahuan dan kemampuannya di bidang informatika untuk berwirausaha

LEARNING ACHIEVEMENTS

NO ASPECTS COMPETENCES LEARNING ACHIEVEMENTS
1 Attitude
2 Knowledge
3 General Skills
4 Special Skills